Students’ Perspective On Digital Learning Platform To Enhance Student Engagement During Online Class In Pandemic Covid-19 Situation
Main Author: | Rahma Septikasari, Icha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196214/1/Icha%20Rahma%20Septikasari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196214/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan yang pertama bertujuan untuk mengetahui jenis media pembelajaran digital yang lebih disukai oleh siswa dan digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa selama kelas online. Selain itu juga meneliti perspektif siswa terhadap platform pembelajaran digital yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa selama kelas online. Data diperoleh dari 10 item kuesioner. Jumlah total peserta penelitian ini adalah 35 mahasiswa sarjana dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Zoom Meeting menjadi platform pembelajaran digital yang disukai oleh mahasiswa. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa 3 dimensi keterlibatan siswa yaitu cognitive, emotional , dan behavioral dimension memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan siswa melalui platform pembelajaran digital selama kelas daring. Elemen desain antarmuka yang user-friendly, fitur pendukung pembelajaran, penggunaan kuota minimum, fitur interaktif dan platform yang gratis digunakan menjadi hal yang cukup diperhatikan oleh peserta saat memilih DLP yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa Selain itu juga terungkap bahwa platform pembelajaran digital dengan penggunaan kuota minimal dan menawarkan banyak aktivitas selama kelas masih membuat beberapa siswa merasa khawatir dan tidak antusias untuk mengikuti kelas online.