An Analysis Of Code Mixing Used In Wardah Beauty Product Advertisements On Instagram An Analysis Of Code Mixing Used In Wardah Beauty Product Advertisements On Instagram
Main Author: | Aziizah, I‟anatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196211/1/I%60ANATUL%20AZIIZAH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196211/ |
Daftar Isi:
- Ada berbagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat. Dengan demikian, kondisi penggunaan dua bahasa dalam masyarakat dikenal sebagai kedwibahasaan, sedangkan dwibahasawan mengacu pada orang yang menggunakan dan memahami dua bahasa. Dwibahasawan sering mencampuradukkan variasi dari bahasa yang dikenal sebagai campur kode. Selain digunakan dalam komunikasi langsung, campur kode juga digunakan dalam interaksi pada media sosial seperti iklan yang dibahas dalam penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji campur kode yang terjadi pada iklan produk kecantikan lokal yaitu Wardah di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan data diambil dari caption akun Instagram Wardah yang diunggah pada bulan Juli hingga Desember 2021. Teori campur kode oleh Muysken (2000) dan teori alasan penggunaan campur kode oleh Hoffman ( 1991) merupakan teori yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis campur kode yaitu insertion dan congruent lexicalization yang terdapat pada iklan Wardah di caption Instagram. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat tiga alasan penggunaan campur kode dalam iklan Wardah yaitu berbicara tentang topik tertentu, mengekspresikan identitas kelompok, dan pengulangan yang digunakan untuk klarifikasi