Pengaruh Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020

Main Authors: Riana, Aista Wahyu, Dr. Lilik Purwanti,, M.Si., CSRS., CSRA., Ak., CA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196126/1/Aista%20Wahyu%20Riana.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196126/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dengan proksi ROA, ROE, dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap agresivitas pajak. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan website resmi masing-masing perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Sampel yang digunakan sebanyak 30 perusahaan selama 4 periode yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROA dan ROE tidak terbukti secara empiris dapat memengaruhi tingkat agresivitas pajak, sehingga tingkat ROA dan ROE dalam suatu perusahaan tidak mampu mengendalikan manajemen dalam meminimalisasi tindakan agresivitas pajak. Agresivitas pajak dapat diturunkan dengan cara meningkatkan Corporate Social Responsibility Disclosure.