Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Asaff Hijab Di Kota Malang
Main Authors: | Aliifa, Aaqilah Meutia, Prof.Dr. Sumiati,, S.E., M.Si.,CSRS,CFP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196094/1/Aaqilah%20Meutia%20A.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196094/ |
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis di industri fashion saat ini semakin ketat seiring dengan berkembangnya industri fashion yang positif di Indonesia. Hal ini juga diiringi dengan adanya pertumbuhan UMKM yang pesat, khususnya di Kota Malang. Persaingan yang ketat di antara para pelaku usaha menunjukkan pentingnya perumusan strategi pengembangan bisnis agar mampu bertahan menghadapi persaingan di pasar. Asaff Hijab merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang fashion di Kota Malang yang menawarkan produk hijab. Seiring berjalannya bisnis ini, penjualan produk Asaff Hijab masih tidak stabil, bahkan mengalami penurunan penjualan. Beberapa permasalahan seperti SDM yang belum memadai hingga pemasaran produk yang masih belum efektif mengakibatkan perusahaan berada di posisi yang stagnan dengan penjualan produk yang sangat sedikit. Kondisi ini menjadi latar belakang pentingnya dilakukan penelitian ini, dengan tujuan menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan, hingga menghasilkan perumusan strategi yang tepat untuk pengembangan bisnis pada Asaff Hijab. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dari wawancara, serta data sekunder dari literatur, dokumen, dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE, IFE, SWOT, IE, dan QSPM. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis strategi pada tahap keputusan yaitu strategi yang paling tepat untuk Asaff Hijab adalah strategi penetrasi pasar.