Factors Influencing Efl Students’ Willingness To Communicate During Digital Learning Amid Covid-19: A Survey Research

Main Author: Discharina Nadya., Arief,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195963/1/Discharina%20Nadya%20Arief.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195963/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan upaya untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Kemauan Untuk Berkomunikasi (KUB) siswa Bahasa Asing Inggris (BAI) dan sejauh mana tingkat kemauan siswa BAI untuk berbicara bahasa Inggris di kelas digital. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP BSS Malang. Terdapat 108 peserta dalam pengambilan sampel secara acak yang ikut serta dalam penelitian ini. Serangkai kuesioner digunakan untuk mengukur faktor KUB (linguistik dan non-linguistik) dan tingkat KUB selama pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan 3 macam faktor linguistik berkontribusi terhadap KUB siswa BAI selama pembelajaran digital (1)kosa kata (2)pengucapan (3)tata bahasa. Lebih-lebih lagi, 7 macam kontribusi nonlinguistik adalah (1)Peran guru (2) keakraban lawan bicara (3)motivasi (4)takut dikoreksi berbicara (5)kecemasan (6)kepercayaan diri (7)memahami kemampuan berbicara. Selanjutnya siswa BAI berkemauan berbicara menggunakan bahasa Inggris di kelas digital yang menunjukkan fakta bahwa mereka berkemauan (tetapi tidak sangat berkemauan) untuk berkomunikasi.