The Survey Study Of English Language Education Program Students’ Perceptions Toward Online Learning During Covid-19 Pandemic
Main Author: | Pinasthika Marhaedi, Dilan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195960/1/Dilan%20Pinasthika%20Marhaedi.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195960/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan desain survey. Penulis menggunakan angket Harisma & Agustin (2021) untuk mengumpulkan data. Angket tersebut berisi 10 pertanyaan yang mengacu pada aspek materi pembelajaran, interaksi siswa, dan suasana pembelajaran. Peserta survey adalah 108 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang terdaftar dalam enam kelas Critical Reading tahun ajaran 2021/2022. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2016 untuk memberikan persentase jawaban setiap pertanyaan dan rerata setiap aspek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap semua aspek dalam angket. Para mahasiswa merasa senang dengan metode penyampaian pelajaran oleh dosen. Pelaksanaan kelas daring selama masa pandemi juga dianggap efektif oleh mahasiswa. Para mahasiswa juga dapat berinteraksi dengan baik selama kelas daring. Selain itu, suasana kelas daring membuat mahasiswa termotivasi dan antusias. Penulis menyarankan dosen atau guru untuk menyajikan materi dengan cara yang menarik serta menjaga interaksi untuk menciptakan suasana yang positif selama kelas daring. Bagi peneliti selanjutnya, penulis menyarankan untuk menggunakan jumlah peserta yang berbeda atau sisi persepsi yang berbeda untuk penelitian