Exploring High-Achievers’ Perceptions In Learning English And Factors Affecting It Amid Emergency Remote Learning

Main Author: Dila Yuliawati, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195840/1/AYU%20DILA%20Y.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195840/
Daftar Isi:
  • Menyebarnya pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak bidang, termasuk bidang akademik. Pembelajaran “darurat” jarak jauh , satu-satunya pilihan yang tersedia untuk menghadapi krisis, telah mempengaruhi proses belajar-mengajar. Selanjutnya, cara siswa belajar dalam situasi darurat ini, secara bergantian, dipengaruhi oleh student engagement, terutama bagi siswa yang berprestasi. Peneliti ingin mengeksplorasi perspektif dari siswa berprestasi tinggi dalam belajar bahasa Inggris di tengah pembelajaran jarak jauh dan ingin menyelidiki bagaimana keterlibatan siswa berprestasi dapat mempengaruhi proses belajar mereka selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan studi kasus kualitatif dengan wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data mendalam tentang persepsi siswa. Subyek penelitian ini adalah 2 (dua) siswa kelas satu SMA yang telah belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan mengikuti kelas bahasa Inggris online di sekolah. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan kerangka teori dari Creswell (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap positif dan sikap negatif terhadap pembelajaran darurat jarak jauh. Kenyamanan dan efektivitas dilaporkan sebagai sikap positif. Sementara itu, ketidaksetaraan dukungan dan gangguan dilaporkan sebagai sikap negatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak semua siswa berprestasi tinggi memiliki keterikatan yang tinggi dalam belajar, dari wawancara diketahui bahwa salah satu partisipan lebih terlibat secara perilaku di kelas dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, kedua peserta memiliki keterlibatan kognitif yang kuat, mereka sangat strategis dan sangat tertarik untuk berinvestasi dalam belajar bahasa Inggris.