Peningkatkan Kemampuan Memahami Aspek Kebahasaan Teks Biografi Melalui Media Monopoli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batu

Main Authors: Setyowati, Indah, Dr. Warsiman,, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195795/1/Indah%20Setyowati.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195795/
Daftar Isi:
  • Pada tahap Pengenalan, terdapat permasalahan yang dialami siswa kelas VIII-H di SMPN 1 Batu dalam memahami aspek kebahasaan teks Biografi, khususnya pada kata sambung, kalimat tunggal, dan kalimat majemuk. Kesulitan yang dialami siswa dibuktikan dengan pelaksanaan pembelajaran pra siklus. Dari pelaksanaan pembelajaran pra siklus diketahui hasil 76,7% siswa yang tidak mencapai ketuntasan sesuai dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Masalah yang diidentifikasi peneliti dan guru bahasa Indonesia kelas VIII-H berkolaborasi untuk memecahkan masalah yang dialami siswa dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan media monopoli yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami aspek kebahasaan teks biografi. Sumber data dalam penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran pada kompetensi dasar memahami aspek kebahasaan teks biografi pada siswa kelas VIII-H SMP N 1 Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, angket, dan wawancara. Kegiatan belajar mengajar yang berhasil ditunjukkan jika terdapat lebih dari 65% siswa yang lulus kriteria nilai minimal yaitu kriteria nilai minimal 78. Peningkatan aktivitas mengajar dari siklus I ke siklus I sebesar 49%, sedangkan peningkatan aktivitas pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa guru telah merencanakan materi dengan baik. Selain itu, guru telah melakukan pra kegiatan, saat kegiatan, dan pasca kegiatan secara sistematis. Peningkatan juga terjadi pada siswa, dari pra siklus ke siklus I peningkatan siswa sebesar 43%, sedangkan pada siklus I ke siklus II sebesar 17%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belajar dengan baik tentang materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa dalam aspek kebahasaan teks biografi. Hasil aktivitas belajar pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang aspek kebahasaan teks biografi dari pra siklus ke siklus I dengan persentase 41,22%. Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25,8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa telah mampu menemukan dan menjelaskan kata penghubung, kalimat dasar, dan kalimat kompleks berdasarkan definisi, ciri, dan contohnya. Padahal, ada beberapa siswa yang kesulitan dalam menjelaskan struktur kalimat.