Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas VIII D Smp Negeri 2 Sidoarjo

Main Authors: Nurani, Alisiananda Dewi, Dr.Warsiman, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195794/3/Alisiananda%20Dewi%20Nurani.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195794/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya keterampilan siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Sidoarjo dalam pembelajaran menulis teks puisi. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil tahap prasiklus, yang diperoleh nilai rata-rata 52,97. Hal tersebut menunjukkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas VIII-D masih rendah dan diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Solusi perbaikan yang ditawarkan peneliti untuk memperbaiki permasalahan dalam pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran Outdoor Study pada pembelajaran menulis puisi. Hasil peningkatan pembelajaran dari segi proses ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan siswa dalam pelaksanaan hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 80,36%, dan pertemuan kedua sebesar 87,50% dari empat belas indikator penilian. Peningkatan hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama sebesar 91,07%, dan pertemuan kedua sebesar 96,43% dari empat belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 78,57%, dan pertemuan kedua sebesar 82,14% dari empat belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama sebesar 87,50%, dan pertemuan kedua 91,07% dari empat belas indikator penilaian. Peningkatan dari segi hasil pembelajaran menulis teks puisi ditandai dengan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 74,39, dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 86,25. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Outdoor Study mampu meningkatkan pembelajaran menulis puisi dari segi proses dan hasil pembelajaran.