Multimodal Discourse Analysis Of 2021 Tokopedia W.I.B (Waktu Indonesia Belanja) Event Advertisement
Main Author: | Laili Fitria, Annisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195767/1/ANNISA%20LAILI%20FITRIA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195767/ |
Daftar Isi:
- Analisis wacana adalah studi tentang penggunaan bahasa di luar tataran kalimat. Multimodalitas dalam periklanan menyarankan penggunaan mode komunikatif yang berbeda dalam satu iklan. Tokopedia membuat iklan yang menarik sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari sekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang seru dan menghibur acara yang menampilkan penampilan brand ambassador Tokopedia BANGTAN SONYEONDAN (BTS) sedang trending di media sosial di seluruh dunia. Penulis melakukan penelitian ini untuk menemukan bagaimana sumber-sumber semiotik diintegrasikan dan digunakan dalam iklan untuk menarik dan beresonansi dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena data penelitian ini berupa teks-teks khususnya wacana iklan. Sumber data dalam penelitian ini adalah video yang dipublikasikan pada bulan September-Desember 2021 pada saat Event W.I.B 2021. Ini adalah video sekitar 46 detik. Data dalam penelitian ini adalah 7 gambar screen-capture yang diambil dari video Ada dua masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini, : (1) Bagaimana sumber semiotika bekerja sama untuk menciptakan makna dari Tokopedia (W.I.B) Indonesia Time Shopping Event 2021 iklan? ; (2) Bagaimana sumber daya semiotik menarik dan beresonansi dengan pelanggan? Dan diteliti menggunakan teori Kress dan Van Leeuwen tentang tata bahasa visual dan linguistik fungsional sistemik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada korelasi antara sistem semiotik dan korelasi sistem semiotik yang terintegrasi secara interaktif dan juga menunjukkan bahwa iklan tersebut berhasil menarik dan beresonansi kepada pelanggan karena menurut laporan iPrice Grup, Tokopedia memiliki rata-rata kunjungan bulanan 65.953.400, mengamankan 25% dari total pangsa pasar setelah iklan dirilis. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama disarankan untuk memasukkan lebih banyak data dan menggunakan objek yang berbeda seperti film dan lagu dari berbagai sumber. Disarankan juga kepada peneliti berikutnya untuk membandingkan lebih banyak iklan untuk menentukan perbedaan jenis iklan tertentu dari yang lain dalam hal bahasa dan untuk memberikan pembaca banyak pengetahuan yang berguna dalam memahami sebuah wacana