Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Struktur Modal, Profitabilitas, Investasi Dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012–2016)

Main Authors: Wardianto, K. Bagus, Prof. Dr., Taher Alhabsji, Dr. Sri Mangesti Rahayu, M.Si., Nila Firdausi Nuzula, Ph.D.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195616/1/K.%20Bagus%20Wardianto.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195616/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap struktur modal, profitabilitas, investasi dan nilai perusahaan; pengaruh struktur modal perusahaan terhadap profitabilitas, investasi dan nilai perusahaan; pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap investasi dan nilai perusahaan; serta pengaruh investasi perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Populasi yang memenuhi syarat sebanyak 22 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga unit analisis yang digunakan sebanyak 110 (22 perusahaan dikali lima tahun pengamatan). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (menggunakan software GSCA). Temuan penelitian: (1) ekuitas merek berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap struktur modal; (2) ekuitas merek berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap profitabilitas; (3) ekuitas merek berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap investasi; (4) ekuitas merek berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan; (5) struktur modal berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap profitabilitas; (6) struktur modal berpengaruh tidak signifikan terhadap investasi; (7) struktur modal berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan; (8) profitabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap investasi; (9) profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan; dan (10) investasi berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kontribusi hasil penelitian ini memperkaya kajian teori manajemen keuangan, lebih khusus signaling theory dan teori Modigliani and Miller (1963).