Evaluasi Dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Penyelenggaraan Pelatihan Di Instansi XYZ Dengan Pendekatan Business Process Management (BPM)

Main Authors: Kurniawan, Uli Mahendra, Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D., Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459/1/Uli%20Mahendra%20Kurniawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459/
ctrlnum 195459
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459/</relation><title>Evaluasi Dan Perancangan Ulang Proses Bisnis &#xD; Penyelenggaraan Pelatihan Di Instansi XYZ Dengan Pendekatan Business Process Management (BPM)</title><creator>Kurniawan, Uli Mahendra</creator><creator>Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D.</creator><creator>Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D.</creator><subject>658.05 Computer applications</subject><description>Instansi XYZ merupakan lembaga pelatihan milik Pemerintah Republik Indonesia yang berada di bawah Kementerian Pertanian. Instansi XYZ mendapatkan tugas untuk memberikan pelatihan kepada penyuluh pertanian dan petani dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan di bidang pertanian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, instansi XYZ mengalami beberapa kendala dalam penyelenggaran pelatihan selama ini, antara lain penyediaan instrumen dan bahan praktek untuk pelatihan yang terlambat, tidak adanya pemodelan dari proses bisnis pelatihan yang dijalankan serta indikator kinerja keberhasilan pelatihan yang tidak tercapai. Fakta ini menjadi indikator awal dari tidak efektifnya proses bisnis penyelenggaraan pelatihan di instansi XYZ. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi proses bisnis penyelenggaraan pelatihan untuk memastikan bahwa proses bisnis telah berjalan sesuai dengan harapan organisasi . Proses bisnis yang belum mampu memenuhi kebutuhan organisasi dilakukan perancangan ulang untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan pada instansi XYZ. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Business Process Management (BPM) yang digunakan sebagai pedoman untuk mengidentifikasi, menganalisis dan menentukan usulan perbaikan pada proses bisnis. Hasil perbandingan estimasi waktu antara proses bisnis yang berjalan saat ini (as-is) dengan proses bisnis usulan (to-be) menunjukkan bahwa proses bisnis to-be dapat memperpendek durasi waktu proses bisnis as-is hingga 19 jam 55 menit (30% dari durasi waktu proses bisnis as-is). Proses bisnis to-be juga dapat mendukung pencapaian target nilai rerata CGI dengan menambahkan fungsi evaluasi nilai CGI pada setiap pelatihan. Selain menghasilkan model proses bisnis to-be, penelitian ini juga menghasilkan model proses bisnis as-is yang merepresentasikan proses bisnis saat ini sehingga dapat diusulkan menjadi dokumen resmi organisasi.</description><date>2019-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459/1/Uli%20Mahendra%20Kurniawan.pdf</identifier><identifier> Kurniawan, Uli Mahendra and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. and Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D. (2019) Evaluasi Dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Penyelenggaraan Pelatihan Di Instansi XYZ Dengan Pendekatan Business Process Management (BPM). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/658.05/KUR/e/2019/041906529</relation><identifier>TES/658.05/KUR/e/2019/041906529</identifier><recordID>195459</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kurniawan, Uli Mahendra
Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D.
Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D.
title Evaluasi Dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Penyelenggaraan Pelatihan Di Instansi XYZ Dengan Pendekatan Business Process Management (BPM)
publishDate 2019
topic 658.05 Computer applications
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459/1/Uli%20Mahendra%20Kurniawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459/
contents Instansi XYZ merupakan lembaga pelatihan milik Pemerintah Republik Indonesia yang berada di bawah Kementerian Pertanian. Instansi XYZ mendapatkan tugas untuk memberikan pelatihan kepada penyuluh pertanian dan petani dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan di bidang pertanian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, instansi XYZ mengalami beberapa kendala dalam penyelenggaran pelatihan selama ini, antara lain penyediaan instrumen dan bahan praktek untuk pelatihan yang terlambat, tidak adanya pemodelan dari proses bisnis pelatihan yang dijalankan serta indikator kinerja keberhasilan pelatihan yang tidak tercapai. Fakta ini menjadi indikator awal dari tidak efektifnya proses bisnis penyelenggaraan pelatihan di instansi XYZ. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi proses bisnis penyelenggaraan pelatihan untuk memastikan bahwa proses bisnis telah berjalan sesuai dengan harapan organisasi . Proses bisnis yang belum mampu memenuhi kebutuhan organisasi dilakukan perancangan ulang untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan pada instansi XYZ. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Business Process Management (BPM) yang digunakan sebagai pedoman untuk mengidentifikasi, menganalisis dan menentukan usulan perbaikan pada proses bisnis. Hasil perbandingan estimasi waktu antara proses bisnis yang berjalan saat ini (as-is) dengan proses bisnis usulan (to-be) menunjukkan bahwa proses bisnis to-be dapat memperpendek durasi waktu proses bisnis as-is hingga 19 jam 55 menit (30% dari durasi waktu proses bisnis as-is). Proses bisnis to-be juga dapat mendukung pencapaian target nilai rerata CGI dengan menambahkan fungsi evaluasi nilai CGI pada setiap pelatihan. Selain menghasilkan model proses bisnis to-be, penelitian ini juga menghasilkan model proses bisnis as-is yang merepresentasikan proses bisnis saat ini sehingga dapat diusulkan menjadi dokumen resmi organisasi.
id IOS4666.195459
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:27:40Z
last_indexed 2022-12-06T07:27:40Z
recordtype dc
_version_ 1751456437661335552
score 17.538404