Developing Instructional Game “Adventure of Word” to Improve Morphological Awareness on Students of Politeknik Kota Malang

Main Authors: Riyadi, Devi Kurniasari, Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, S.S., M.Pd;, Dr. Esti Junining, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195340/1/Devi%20Kurniasari%20Riyadi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195340/
Daftar Isi:
  • Kesadaran bermorfologi berhubungan terhadap perkembangan bahasa seperti dalam kosa kata dan membaca. Sebagian besar mahasiswa Politeknik Kota Malang kurang memiliki kesadaran bermorfologi. Hal ini disebabkan karena pembelajaran morfologi itu sendiri tidak diajarkan secara eksplisit dan tidak ada media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa tersebut. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk mengembangkan game pembelajaran “Adventure of Word” untuk meningkatkan kesadaran bermorfologi mahasiswa sebagai materi tambahan. Studi ini merupakan Penelitian dan Pengembangan menggunakan model Lee dan Owens, yang terdiri dari analisa kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika (TI) Politeknik Kota Malang angkatan 2017. Terdapat dua ahli dalam memvalidasi prodak ini. Ahli untuk memvalidasi produk yaitu terdiri dari ahli isi dan ahli media/desain dan menggunakan kuisioner untuk memvalidai produk. Di bagian terakhir evaluasi, uji coba dilakukan kepada subjek penelitian dengan menggunakan kuisioner dalam mengumpulkan data. Dari hasil validasi para ahli, dari ahli isi, diperoleh 96.8% yakni secara isi produk dikategorikan valid, sedangkan dari hasil ahli media/desain, diperoleh 78.7% yaitu secara media/desain produk ini dikategorikan valid. Setelah produk divalidasi oleh para ahli, kemudian produk diuji cobakan kepada sebelas mahasiswa TI angkatan 2017. Hasilnya nya adalah 96.6% yang artinya produk ini dikualifikasikan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan jika produk dikembangkan sangat baik dan dapat dijadikan media pembelajaran untuk mengajarkan morfologi kepada mahasiswa seingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan bermorfologi terutama dalam kata dasar, prefiks, sufiks, dan sirkumfis. Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi kepada penelitian-penelitian yang berhubungan dengan pengembangan khususnya dibidang linguistik. Pelajaran morfologi dapat dikembangkan dengan media permainan. Penelitian ini memberikan implikasi baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis, hasil dari produk ini dapat meningkatkan motivasi intrinsic dan ekstrinsik. Secara praktis, produk ini dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa. Peneliti menyarakan pada penelitian selanjutnya untuk mengembangkan produk dalam hal ukuran tulisan pada tingkat permainan, menambahkan jenis imbuhan lain, dan menggunakan media ini dengan desain penelitian lainnya seperti eksperimental dan penelitian tindakan kelas.