Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Malang (Studi Kasus Industri Fashion Muslim)
Main Authors: | Pramayoga, Putri Marietha Nicky, Prof. Khusnul Ashar,, SE., MA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195338/1/PUTRI%20MARIETHA%20NICKY%20P.%20%28Skripsi%20Selesai%29.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195338/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada industri fashion muslim dengan mengambil 50 sampel usaha fashion muslim di Kota Malang. Pengumpulan data dicapai melalui Observasi, Kuisioner, Interview dan Dokumentasi. Selanjutnya data diuji menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi wirausaha, inovasi dan promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di Kota Malang dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,003; 0,001; dan 0,002. Sedangkan, jiwa wirausaha tidak memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di Kota Malang dengan tingkat signifikansi 0,460. R square yang didapatkan pada penelitian ini sebesar 0,554 atau setara dengan 55,4%. Diantara keempat faktor tersebut, variabel inovasi menjadi faktor yang paling berpengaruh dengan koefisien beta 0,464. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa 44,6% keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif dipengaruhi oleh faktor lain yang tergambar pada error