Studi Perilaku Muslimah Pengusaha di Surakarta (Penerapan Nilai Islam, Pemaknaan Keberhasilan Usaha dan Kebahagiaan Keluarga)
Main Authors: | Prasetyani, Dwi, Prof. Dr.Khusnul Ashar,, SE., M.Sc.,, Dr. Susilo,, SE., MS., |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195315/1/Dwi%20Prasetyani.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195315/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan nilai Islam Muslimah pengusaha dalam menjalankan aktivitas usaha (2) memahami makna keberhasilan usaha bagi Muslimah pengusaha (3) memahami makna kebahagiaan keluarga Muslimah pengusaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk menggali makna di berbagai aspek dari fenomena Muslimah pengusaha yang mencakup penerapan nilai Islam, keberhasilan usaha dan kebahagiaan keluarga. Temuan penelitian ini menunjukkan (1) Muslimah pengusaha di Surakarta dalam mengimplementasikan nilai Islam pada kegiatan usahanya dapat dilihat dari 3 aspek, yakni aspek pengelolaan usaha, pengelolaan karyawan, dan pengelolaan keuangan. Seiring dengan tingginya tingkat pemahaman terhadap nilai Islam maka terdapat perubahan cara pandang yang membentuk pola mereka dalam berkegiatan di ketiga aspek tersebut. Transformasi juga terjadi pada perilaku Muslimah pengusaha yang terkait penerapan nilai Islam dalam menjalankan usahanya. (2) Muslimah pengusaha memaknai keberhasilan usaha dalam aspek ekonomi yaitu mewujudkan keberlanjutan usaha, melalui maksimalisasi potensi usaha yang dimiliki dan pertumbuhan aset. Kemudian, pemenuhan aspek spiritual juga menjadi pencapaian Muslimah pengusaha dalam menjalankan bisnisnya yang terdiri dari tidak adanya kekhawatiran, mewujudkan maslahah, serta keseimbangan dalam keluarga dan aktivitas usahanya. Orientasi Muslimah pengusaha juga tidak semata-mata bertujuan untuk keuntungan, tetapi juga menciptakan manfaat sosial. Pemaknaan tersebut melalui transformasi yang disebabkan oleh pengalaman pribadi, keterbukaan diri, lingkungan baik internal maupun eksternal dan akses informasi dari Muslimah pengusaha. (3) Kebahagiaan Muslimah pengusaha dimaknai dengan tidak adanya rasa khawatir, selalu berbuat baik, dan keluarga hamonis. Terdapat juga keterkaitan antara capaian bagi usaha, keluarga dan tujuan hidup dalam pemaknaan kebahagiaan Muslimah pengusaha. Nilai Islam berdampak pada penciptaan cara pandang dan pemaknaan atas kebahagiaan keluarganya.