Analisis Strategi Pengembangan Usaha Manisan Tomat Kurma Melalui Pendekatan Business Model Canvas dan Integrasi SWOT-ANP (Studi Kasus CV Firman SK Kecamatan Singosari Kabupaten Malang)
Main Authors: | Azzaria, Talitha Dea, Ir. Panji Deoranto,, STP,MP,PhD, Wendra G. Rohmah,, STP,MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195263/1/Talitha%20Dea%20Azzaria.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195263/ |
Daftar Isi:
- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. CV Firman SK merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Malang yang bergerak dibidang pengolahan hasil pertanian. Pasca pandemi Covid-19 CV Firman SK mengalami kendala penurunan pendapatan. Manisan tomat kurma merupakan salah satu produk yang mengalami penurunan pendapatan paling signifikan dibandingkan produk lainnya, yakni sebesar 50%. Mengacu pada permasalahan tersebut maka penelitian ditujukan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha manisan tomat kurma yang solutif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi awal CV Firman SK melalui pemetaan BMC; menentukan alternatif strategi pengembangan usaha CV Firman SK menggunakan analisis SWOT pada elemen BMC; menentukan urutan prioritas strategi pengembangan usaha CV Firman SK menggunakan metode ANP; dan memperbaharui BMC CV Firman SK berdasarkan strategi alternatif pengembangan usaha. Metode yang digunakan pada panelitian ini adalah pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan integrasi SWOT-ANP. Pendekatan BMC berfungsi untuk memetakan model bisnis CV. Firman SK. Hasil pemetaan model bisnis akan menjadi landasan dalam penyusunan alternatif strategi menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat). Metode SWOT yang diintegrasikan dengan Analytical Network Process (ANP) untuk menghasilkan prioritas alternatif strategi pengembangan usaha yang akurat. Pada penelitian digunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari sumber informasi melalui kegiatan wawancara dan menyebarkan kuesioner. Uji validitas kuesioner pada penelitian ini menggunakan metode validitas permukaan (face validity). Penelitian strategi pengembangan bisnis melibatkan 4 responden pakar. Hasil total skor matriks IFE sebesar 2,805, artinya CV. Firman SK dinilai cukup mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan mengatasi kelemahan yang ada. Total skor matriks EFE sebesar 2,750 artinya CV. Firman SK dinilai cukup mampu memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman eksternal. Berdasarkan matriks IE diketahui bahwa posisi bisnis CV. Firman SK terletak pada kuadran kelima yaitu posisi hold and maintain. Alternatif strategi yang dihasilkan meliputi menjual manisan tomat kurma pada marketplace (SO1), bekerja sama dengan toko oleh-oleh dan kantin sekolah dalam menyalurkan manisan tomat kurma (WO1), mendapatkan izin edar BPOM (ST1), menjalin kerja sama dengan pemasok bahan baku utama tomat (WT1). Matriks perbandingan antar kluster SWOT dan kluster alternatif strategi memiliki nilai konsistensi rasio kurang dari 10% (0,1), sehingga penilaian responden dinyatakan konsisten. Elemen SWOT yang paling diutamakan berada pada kluster strength, yakni legalitas P-IRT dan bersertifikat halal (S1) dengan bobot 0,76217 Prioritas alternatif strategi tertinggi dan paling direkomendasikan adalah strategi SO1 dengan bobot sebesar 0,350. Prioritas kedua yakni strategi WT1 dengan bobot sebesar 0,225, prioritas ketiga strategi ST1 bobot 0,219, dan prioritas keempat strategi WO1 bobot sebesar 0,206. Elemen BMC yang mengalami perbaikan berdasarkan strategi alternatif pengembangan usaha adalah channels, key partnership, dan value proposition. CV. Firman SK disarankan menerapkan usulan strategi pengembangan usaha berdasarkan urutan strategi yang paling diprioritaskan.