Analisis Preferensi Nasabah Dalam Pemilihan Penggunaan Produk “Funding” Perbankan (Tabungan, Giro, Dan Deposito) Studi Pada Hotel Losmen Dan Villa Di Kota Batu

Main Authors: Raysharie, Puput Iswanduah, Dwi Budi Santoso, SE., MS., Ph.D,, Dr. Dra. Asfi Manzilati, ME
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195144/1/Puput%20Iswanduah%20Raysharie.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195144/
Daftar Isi:
  • Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, lokasi, promosi, proses pelayanan, orang, serta bentuk fisik terhadap keputusan nasabah dalam memilih menggunakan produk funding perbankan yang ditawarkan. Penelitian dilakukan pada hotel, losmen, dan villa di Kota Batu, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif kausal dengan menggunakan teknik sampling aksidental dalam penentuan sampelnya. Jumlah sampel sebanyak 85 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner dengan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan proses) terhadap pertimbangan nasabah dalam pemilihan penggunaan produk funding perbankan (tabungan, giro, deposito). Variabel bauran pemasaran lainnya (promosi, orang, dan wujud fisik) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan penggunaan produk funding perbankan.