Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Pemerintah Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin)

Main Authors: Anggita, Tita, Dr. Ike Wanusmawatie, S.Sos., M.AP, Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195110/1/Tita%20Anggita.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195110/
Daftar Isi:
  • Fungsi utama pemerintah adalah memberikan pelayanan, menyelenggarakan pembangunan dan menyelenggarakan pemerintahan untuk mengatur dan mengurus masyarakatnya. Pemerintahan desa memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupa pelayanan publik, pelayanan pembangunan, dan pelayanan perlindungan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa tersebut. Kualitas pelayanan yang diberikan akan berdampak pada kepuasan masyarakat. Kualitas pelayanan dapat dinilai berdasarkan lima dimensi yang mencakup bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Menurut Pasolong (2010) “Semakin baik kepemerintahan dan kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi kepercayaan masyarakat (high trust)”. Kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi apabila masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan merasa terpuaskan akan pelayanan tersebut.