mplementasi Marketing Automation Menggunakan Metode Search Engine Optimization (SEO) On Page dan Off Page Pada Website Berbasis Content Management System (CMS) pada PT. Eltama Prima Indo
Main Author: | Ivand, Reyhan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195097/1/0521150018-REYHAN%20IVANDI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195097/ |
Daftar Isi:
- PT Eltama Prima Indo adalah perusahaan yang bergerak pada sektor chemicals yang menyediakan layanan berupa produk cat epoxy, jasa epoxy, coating, dan sandblasting yang melayani pelanggan dengan model bisnis baik business to business (B2B) maupun business t o consumer (B2C). Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, PT Eltama Prima Indo hendak memaksimalkan teknologi sebagai media pemasaran mereka terutama mesin pencari (search engine). Saat ini, PT Eltama Prima Indo telah menerapkan pemasaran melalui teknologi dengan implementasi marketing automation metode internet marketing melalui website company profile dan Instagram. Hanya saja, PT Eltama Prima Indo belum memiliki halaman atau website yang ditujukan untuk optimasi pada mesin pencari. Oleh karena it u, pada penelitian ini dimulai dengan pengembangan website dengan alamat https://www.epoxynesia.com menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress. Kemudian dilanjutkan dengan optimasi website pada mesin pencari Google menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) on page dan off page. Penelitian ini menggunakan metode research & development atau implementatif untuk pengujian efektivitas implementasi SEO on page dan off page terhadap peringkat kata kunci, performance, dan jumlah visitor epoxynesia.com pada search engine Google. Berdasarkan analisis SEO dan kompetitor, epoxynesia.com diketahui membutuhkan implementasi SEO on page maupun SEO off page untuk menyesuaikan website dengan kaidah dari algoritma Google untuk bersaing dengan kompetitor. Setelah dilakukan analisis, penulis melanjutkan pada implementasi SEO on page dan off page. Kemudian dilakukan pengujian hasil implementasi menggunakan beberapa tools untuk mengetahui perubahan pada peringkat kata kunci, performance, dan visitor yang didapatkan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, terdapat peningkatan pada peringkat kata kunci, performance, dan visitors. Selain itu, peningkatan pada skor authority SEO versi domain authority Moz meningkat 14 poin dari 0 hingga 14. Sedangkan, domain rating versi Ahrefs meningkat 31 poin dari 0 hingga 31.