Kualitas Pelayanan Informasi Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Madrasah (Studi tentang Sistem Informasi Pendidikan dan Kependidikan Kementerian Agama Kabupaten Malang)

Main Authors: Rochmawati, Shylla, Dr. Drs. Siswdidyanto, MS., Rispa Ngindana, S.AP., M.AP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195093/1/Shylla%20Rochmawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195093/
Daftar Isi:
  • Tenaga pendidik dan kependidikan selalu memerlukan informasi terbaru terkait dunia pendidikan. SIMPATIKA merupakan wadah yang menyediakan informasi yang dibutuhkan tenaga pendidik dan kependidikan. Adanya SIMPATIKA memiliki peran sangat penting dalam memberikan layanan informasi yang dibutuhkan tenaga pendidik dan kependidikan meningkatkan kualitas serta mendapatkan haknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas layanan informasi SIMPATIKA terhadap tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah Kabupaten Malang, upaya yang diberikan Kementerian Agama juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, serta faktor-faktor yang menghambat dan pendukung layanan informasi SIMPATIKA di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang didapatkan yaitu data primer dan sekunder. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Malang, sedangkan situs penelitian dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang serta MA AL Ma’arif Singosari, MTsN 7 Malang, serta MI NU Asrikaton. Teknik anlisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Teknik pengumpulan data dilakukan mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas layanan informasi SIMPATIKA dapat diakses secara online dengan mudah. Sasaran akurasi SIMPATIKA adalah tenaga pendidik dan kependidikan madrasah dengan informasi pendidikan yang dibutuhkan, serta layanan informasi yang sangat efektif. SIMPATIKA memiliki nilai guna untuk memenuhi kebutuhan dan hak tenaga pendidik madrasah. Upaya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang dan Kementerian Agama berjalan secara bersinergi. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang melakukan sosialisasi dan pelatihan, sedangkan Kementerian Agama maintenance sistem. Faktor penghambatnya yaitu keterjangkauan jaringan internet, serta tenaga pendidik kurang melek teknologi, sedangkan faktor pendukungnya yaitu sosialisasi, pelatihan, keaktifan lembaga dan maintenance SIMPATIKA.