Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penjualan Nubek Coffee Menggunakan Pendekatan Human Centered Design

Main Author: Agus Sathya Paramanand, Komang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195091/1/0521150014-KOMANG%20AGUS%20SATHYA%20PARAMANANDA.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195091/
Daftar Isi:
  • Internet telah banyak digunakan di berbagai sektor. Salah satunya dalam bidang bisnis dimana setiap pemilik usaha memberlakukan penjualan secara online. Nubek Coffee merupakan coffeeshop yang memanfaatkan internet dengan menerapkan sistem penjualan online untuk memasarkan dan menjual produknya. Coffeeshop ini menggunakan Instagram dan WhatApps dalam penerapan penjualan secara online, tetapi dalam mekanismenya tidak berjalan maksimal dan terdapat permasalahan khususnya dalam melayani pelanggan secara online dan mengelola persediaannya. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi berbasis web sebagai solusi dari permasalahan dari Nubek Coffee, mudah dimengerti, memberikan kesan nyaman bagi pengguna, dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan untuk merancang desain solusi dalam penelitian ini adalah metode Human Centered Design. Proses perancangan solusi desain diawali dengan identifikasi konteks penggunaan, persyaratan pengguna, perancangan proses bisnis dan perancangan desain solusi. Output yang dihasilkan dari penelitian ini berupa high-fidelity prototype. Evaluasi dari sistem ini menggunakan metode Usability Testing dan USE Questionnaire dalam pengelolaan data evaluasi sistem. Proses evaluasi desain solusi dilakukan sebanyak 2 kali, dimana pada evaluasi tahap kedua menggunakan 2 alternatif desain. Desain solusi dari kedua alternatif pada tahap kedua memiliki tampilan usability yang lebih baik daripada desain solusi pertama, meskipun terdapat beberapa tampilan yang perlu dilakukan perbaikan. Kesimpulan pada penelitian ini, pada indikator usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction telah mencapai nilai yang layak bahkan sangat layak untuk sistem penjualan berbasis web.