Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Usage Decision (Survei pada followers aktif Instagram Flip)

Main Authors: Istihsan, Shafa Abid, Onni Meirezaldi, S.Sos, MM.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195061/1/Shafa%20Abid%20Istihsan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195061/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan, yaitu mengetahui dan menjelaskan pengaruh social media marketing terhadap usage decision, kedua, mengetahui dan menjelaskan pengaruh social media marketing terhadap brand awareness, dan terakhir, mengetahui dan menjelaskan pengaruh brand awareness terhadap usage decision. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah social media marketing, usage decision, dan brand awareness. Kriteria populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan followers Instagram Flip. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 116 responden yang diambil menggunakan purposive random sampling. Metode pengumpulan data melalui Google form yang disebar melalui berbagai media sosial. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Sedangkan data penelitian ini diolah menggunakan SPSS 25. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh signifikan terhadap usage decision, social media marketing berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap usage decision. Berdasarkan hasil penelitian ini disarakan agar pihak terkait terutama Flip mempertimbangkan untuk memaksimalkan strategi social media marketing mereka agar mampu meningkatkan kesadaran merek Flip serta mampu meningkatkan keyakinan konsumen dalam menggunakan produk Flip