Collaborative Gaming Approach In Online Learning To Improve Students’ Engagement

Main Authors: Carolin, Anita, Alies Poetri Lintangsari, S.S., M.Li.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195023/1/ANITA%20CAROLIN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195023/
Daftar Isi:
  • Karena pandemi COVID-19, pelajar di Indonesia diharuskan belajar dari rumah selama kurang lebih dua tahun terakhir. Hal tersebut berdampak pada kegiatan pembelajaran yang membuat siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menawarkan model Online Collaborative Gaming Approach untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan mengundang 58 siswa sebagai partisipan penelitian, penelitian ini melaporkan implementasi Collaborative Gaming Approach dan evaluasi berdasarkan perspektif siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan angket, wawancara, dan nilai siswa sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas permainan kuis berada di atas KKM. Hasil angket menyatakan bahwa 94,83% (55) siswa setuju bahwa kegiatan permainan kuis memberikan persepsi positif pada aspek afektif, 91,38% (53) siswa setuju bahwa kegiatan permainan kuis memberikan persepsi positif pada aspek sosial, dan 94,83% (55) siswa setuju bahwa kegiatan permainan kuis memberikan persepsi positif pada aspek kognitif. Hasil data menunjukkan bahwa pendekatan permainan kolaboratif memberikan dampak positif bagi siswa. Hal ini menyiratkan bahwa praktik pendekatan game kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan siswa.