Dark Souls And The Existentialism Through Video Game
Main Authors: | Kosasih, Andre Ahcsan, M Andhy Nurmansyah, M.Hum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195015/1/ANDRE%20ACHSAN%20KOSASIH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195015/ |
ctrlnum |
195015 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195015/</relation><title>Dark Souls And The Existentialism Through Video Game</title><creator>Kosasih, Andre Ahcsan</creator><creator>M Andhy Nurmansyah, M.Hum</creator><subject>420.71 English learning</subject><description>Filsuf, psikolog dan juga media populer seperti film, novel dan game sering mengajukan pertanyaan yang mendalam tentang arti dalam hidup ataupun eksistentsi. Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana media baru seperti game dapat digunakan untuk menggambarkan eksistensialisme, terutama yang berkaitan dengan ketakutan eksistensial manusia. Dark Souls menggambarkan ketakutan eksistensial dengan kondisi karaketer-karaketer yang ada dalam game disaat menghadapi absurditas dunia. Penulis melakukan penelitian tentang Dark Souls milik FromSoftware inc. untuk mengetahui penggambaran eksistensialisme dalam game. Penulis menerapkan teori kritik filosofis sebagai landasan penelitian untuk membantu dalam mempelajari tema eksistensialisme yang ada didalam game tersebut. Studi ini mengungkapkan bahwa makna hidup adalah pertanyaan mendalam yang harus dijawab dalam kehidupan manusia. Terutama dalam menghadapi kenyataan bahwa dunia tidak memiliki makna. Refleksi kehilangan tujuan dan arti hidup digambarkan dalam berbagai cara yang berbeda-beda seperti; bunuh diri dan putus asa. Cara karakter dalam permainan mengatasi ketakutan eksistensial mereka juga digambarkan dengan cara seperti; dengan menipu diri sendiri, merangkul ketidakberartian dan memberontak melawan yang absurditas dunia dengan menciptakan makna kita sendiri.</description><date>2022-07-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195015/1/ANDRE%20ACHSAN%20KOSASIH.pdf</identifier><identifier> Kosasih, Andre Ahcsan and M Andhy Nurmansyah, M.Hum (2022) Dark Souls And The Existentialism Through Video Game. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0522120025</relation><identifier>0522120025</identifier><recordID>195015</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kosasih, Andre Ahcsan M Andhy Nurmansyah, M.Hum |
title |
Dark Souls And The Existentialism Through Video Game |
publishDate |
2022 |
isbn |
9780522120028 |
topic |
420.71 English learning |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195015/1/ANDRE%20ACHSAN%20KOSASIH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195015/ |
contents |
Filsuf, psikolog dan juga media populer seperti film, novel dan game sering mengajukan pertanyaan yang mendalam tentang arti dalam hidup ataupun eksistentsi. Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana media baru seperti game dapat digunakan untuk menggambarkan eksistensialisme, terutama yang berkaitan dengan ketakutan eksistensial manusia. Dark Souls menggambarkan ketakutan eksistensial dengan kondisi karaketer-karaketer yang ada dalam game disaat menghadapi absurditas dunia. Penulis melakukan penelitian tentang Dark Souls milik FromSoftware inc. untuk mengetahui penggambaran eksistensialisme dalam game. Penulis menerapkan teori kritik filosofis sebagai landasan penelitian untuk membantu dalam mempelajari tema eksistensialisme yang ada didalam game tersebut. Studi ini mengungkapkan bahwa makna hidup adalah pertanyaan mendalam yang harus dijawab dalam kehidupan manusia. Terutama dalam menghadapi kenyataan bahwa dunia tidak memiliki makna. Refleksi kehilangan tujuan dan arti hidup digambarkan dalam berbagai cara yang berbeda-beda seperti; bunuh diri dan putus asa. Cara karakter dalam permainan mengatasi ketakutan eksistensial mereka juga digambarkan dengan cara seperti; dengan menipu diri sendiri, merangkul ketidakberartian dan memberontak melawan yang absurditas dunia dengan menciptakan makna kita sendiri. |
id |
IOS4666.195015 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:27:21Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:27:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456432630267904 |
score |
17.538404 |