Maksim Dalam Prinsip Kesopanan pada Film “CODA” Karya Sian Heder Dalam Versi Audio Bahasa Prancis
Main Authors: | Sa'diyah, Ananda Khalimatus, Ika Nurhayani, S.S., M.Hum., Ph.D. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195012/1/Ananda%20Khalimatus%20Sa%27diyah.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195012/ |
ctrlnum |
195012 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195012/</relation><title>Maksim Dalam Prinsip Kesopanan pada Film “CODA” Karya Sian Heder Dalam Versi Audio Bahasa Prancis</title><creator>Sa'diyah, Ananda Khalimatus</creator><creator>Ika Nurhayani, S.S., M.Hum., Ph.D.</creator><subject>440 French and related Romance languages</subject><description>Manusia erat hubungannya dengan komunikasi antar sesama. Untuk mencapai komunikasi yang efektif dan terhindar dari kesalahpahaman, patutnya penutur dan lawan tutur paham dan berpedoman terhadap aspek dalam ilmu pragmatik. Salah satu aspek yang harus dipatuhi yaitu kesopanan. Tingkat kesopanan bukan hanya dilihat dari perilaku yang ditunjukkan oleh penutur dan lawan tuturnya saja, namun juga dapat dinilai dari ucapan dan tuturan seseorang. Tuturan tersebut dapat dikelompokkan ke dalam prinsip kesopanan, yaitu kumpulan maksim sebagai cara untuk menjelaskan bagaimana kesopanan bekerja dalam suatu percakapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan fungsi dari maksim dalam prinsip kesopanan pada Film “CODA”. Subjek dari penelitian ini merupakan Film “CODA” dan objek penelitian berupa percakapan antar tokoh dalam Film “CODA” karya Sian Heder dalam versi audio Bahasa Prancis.
Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data berupa tuturan dari para tokoh dalam Film “CODA” karya Sian Heder. Pemerolehan data menggunakan metode simak dan catat, kemudian data diklasifikasikan berdasarkan jenis maksim pada prinsip kesopanan menurut teori Leech (1983) dan fungsi menurut teori Chaniago (1997).
Berdasarkan analisis pada Film “CODA” yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa 49 temuan maksim dalam prinsip kesopanan. Temuan tersebut yaitu : (1) Maksim Kebijaksanaan 10 temuan, (2) Maksim Kedermawanan 6 temuan, (3) Maksim Kerendahan Hati 12 temuan, (4) Maksim Pujian 13 temuan, (5) Maksim Kesetujuan 4 temuan, dan (6) Maksim Simpati 4 temuan. Kemudian terdapat fungsi yang dikategorikan menjadi komisif, impositif, ekspresif, dan asertif.</description><date>2022-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195012/1/Ananda%20Khalimatus%20Sa%27diyah.pdf</identifier><identifier> Sa'diyah, Ananda Khalimatus and Ika Nurhayani, S.S., M.Hum., Ph.D. (2022) Maksim Dalam Prinsip Kesopanan pada Film “CODA” Karya Sian Heder Dalam Versi Audio Bahasa Prancis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0522120023</relation><identifier>0522120023</identifier><recordID>195012</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sa'diyah, Ananda Khalimatus Ika Nurhayani, S.S., M.Hum., Ph.D. |
title |
Maksim Dalam Prinsip Kesopanan pada Film “CODA” Karya Sian Heder Dalam Versi Audio Bahasa Prancis |
publishDate |
2022 |
isbn |
9780522120028 |
topic |
440 French and related Romance languages |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195012/1/Ananda%20Khalimatus%20Sa%27diyah.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195012/ |
contents |
Manusia erat hubungannya dengan komunikasi antar sesama. Untuk mencapai komunikasi yang efektif dan terhindar dari kesalahpahaman, patutnya penutur dan lawan tutur paham dan berpedoman terhadap aspek dalam ilmu pragmatik. Salah satu aspek yang harus dipatuhi yaitu kesopanan. Tingkat kesopanan bukan hanya dilihat dari perilaku yang ditunjukkan oleh penutur dan lawan tuturnya saja, namun juga dapat dinilai dari ucapan dan tuturan seseorang. Tuturan tersebut dapat dikelompokkan ke dalam prinsip kesopanan, yaitu kumpulan maksim sebagai cara untuk menjelaskan bagaimana kesopanan bekerja dalam suatu percakapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan fungsi dari maksim dalam prinsip kesopanan pada Film “CODA”. Subjek dari penelitian ini merupakan Film “CODA” dan objek penelitian berupa percakapan antar tokoh dalam Film “CODA” karya Sian Heder dalam versi audio Bahasa Prancis.
Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data berupa tuturan dari para tokoh dalam Film “CODA” karya Sian Heder. Pemerolehan data menggunakan metode simak dan catat, kemudian data diklasifikasikan berdasarkan jenis maksim pada prinsip kesopanan menurut teori Leech (1983) dan fungsi menurut teori Chaniago (1997).
Berdasarkan analisis pada Film “CODA” yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa 49 temuan maksim dalam prinsip kesopanan. Temuan tersebut yaitu : (1) Maksim Kebijaksanaan 10 temuan, (2) Maksim Kedermawanan 6 temuan, (3) Maksim Kerendahan Hati 12 temuan, (4) Maksim Pujian 13 temuan, (5) Maksim Kesetujuan 4 temuan, dan (6) Maksim Simpati 4 temuan. Kemudian terdapat fungsi yang dikategorikan menjadi komisif, impositif, ekspresif, dan asertif. |
id |
IOS4666.195012 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:27:21Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:27:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456432564207616 |
score |
17.538404 |