Perbaikan Desain Antarmuka Sistem Pelaporan Kehilangan Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)
Main Authors: | Kusoy, Grenzya Laksmi Putri, Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn, M.Ds., Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194881/1/0520150119%20-%20Grenzya%20Laksmi%20Putri%20Kusoy.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194881/ |
Daftar Isi:
- Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) adalah unit polisi yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk penerimaan dan penanganan pertama laporan/pengaduan, pelayanan bantuan/pertolongan kepolisian sesuai ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku. Aplikasi Pelaporan Kehilangan dapat memudahkan SPKT Polres Tulungagung dalam membuat laporan untuk masyarakat yang melapor dan dapat menganalisis jenisjenis laporan apa saja yang telah di laporkan setiap waktunya. Aplikasi Pelaporan Kehilangan milik SPKT Polres Tulungagung ini, dilakukan perbaikan tampilan dengan menggunakan metode Human Centered Design (HCD), dengan teknik wawancara yang menghasilkan PACT analisis dan persona, selanjutnya diuji dengan usability testing, dan hasil perbaikan berupa prototipe. Desain prototipe dan pengujian telah berjalan sesuai konteks pengguna dan kebutuhan pengguna. Pada pengujian awal didapatkan hasil dua responden gagal dalam mengerjakan dua buah tugas, dan secara keseluruhan responden rata-rata mengerjakan sembilan tugas dengan waktu 10 menit sampai 13 menit. Pengujian usability akhir mendapatkan hasil rata-rata pengerjaan sembilan tugas dengan waktu 9 menit sampai 13 menit tanpa ada kegagalan responden mengerjakan tugas tersebut setelah dilakukan perbaikan desain. Sehingga penelitian ini telah dilakukan dan dapat menyelesaikan permasalahan pada aplikasi pelaporan kehilangan dengan menggunakan metode Human Centered Design (HCD).