Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik dan Keuangan TK Tunas Bangsa

Main Authors: Hanansyah, Sulthan Adam, Welly Purnomo, S.T., M.Kom., Kariyoto, Dr., S.E., M.M., Ak.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194874/1/0520150115%20-%20SULTHAN%20ADAM%20HANANSYAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194874/
Daftar Isi:
  • Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Bangsa adalah TK swasta yang terletak di Jalan Simo Kwagean Kuburan No. 14, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Walaupun sudah berdiri sejak tahun 1997, beberapa proses yang ada di TK ini masih belum terkomputerisasi dan masih menggunakan cara-cara konvensional. Beberapa proses yang masih dilakukan secara konvensional, yaitu pendaftaran murid baru, promosi kepada target pasar, pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Masih manualnya pengolahan hasil belajar juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan menumpuknya beberapa dokumen dan sering hilangnya dokumen. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, peneliti akan melakukan perancangan sistem informasi akademik dan keuangan untuk TK Tunas Bangsa. Yang mana sistem informasi ini nantinya akan mempermudah wali murid dalam melakukan melihat data akademik, dan melihat informasi atau kegiatan seputar TK Tunas Bangsa. Selain itu, sistem ini juga mempermudah pihak TK Tunas Bangsa untuk mengolah data hasil belajar murid, melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, serta menerbitkan berita seputar TK Tunas Bangsa. Perancangan sistem ini dilakukan menggunakan metode System Development Life Cycle - Waterfall. Beberapa hasil penting yang diperoleh antara lain yaitu, Proses Bisnis As-Is Pengolahan Data Nilai membutuhkan terlalu banyak dokumen tertulis, kurang efisien karena harus mengirimkan laporan mingguan dan bulanan yang jumlahnya cukup banyak melalui pesan WhatsApp ke banyak wali murid. Pada Proses Bisnis As-Is Pengolahan Informasi Kegiatan dan Keuangan membutuhkan terlalu banyak dokumen tertulis dan juga dalam lemari penyimpanan sering terjadi data yang tertukar dan hilang. Hasil lain yang diperoleh pada tahap analisis adalah aka nada 3 tipe akun, yaitu User, Admin, dan Teacher. Setelah dilakukan analisis dan perancangan maka selanjutnya adalah evaluasi menggunakan Traceability Matrix dan System Usability Scale (SUS). Hasil dari evaluasi menggunakan Traceability Matrix adalah seluruh kebutuhan pengguna sudah terdefinisi pada Persyaratan Fungsional dan Persyaratan Non Fungsional Sistem, spesifikasi Use Case yang dibuat berasal dari kebutuhan pengguna, Activity Diagram dan Sequence Diagram sudah memiliki kerunutan dengan Use Case. Dari hasil perhitungan SUS dengan enam responden, didapatkan hasil 81. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem dapat diterima oleh pengguna secara usability.