Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: SMP Islam Sabilurrosyad Malang)

Main Authors: Muliani, Mardiana Dwi, Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D., Alfi Nur Rusydi, S.Si., M.Sc.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194870/1/0520150113%20-%20Mardiana%20Dwi%20Muliani.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194870/
Daftar Isi:
  • Sebuah institusi pendidikan sekolah dipimpin oleh Kepala Sekolah yang memiliki peran sebagai penanggung jawab kegiatan belajar mengajar yang berkualitas di sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan yang baik. Guru merupakan seorang tenaga pendidik yang profesional dan memiliki tugas serta tanggung jawab yang besar untuk mencerdaskan generasi bangsa. Pihak sekolah harus meningkatkan profesionalisme guru dengan melakukan penilaian kinerja guru. SMP Islam Sabilurrosyad merupakan pendidikan tingkat menengah yang berada di bawa naungan Yayasan Pendidikan Islam Kota Malang dan saat ini sekolah tersebut belum menerapkan penilaian kinerja guru dan belum memiliki mekanisme dan aturan PKG sehingga dapat menjadikan kesenjangan antar guru karena dapat berdampak pada tidak adilnya sekolah dalam memberikan hak guru atau tenaga pendidik sesuai dengan kompetensi dan indikator penilaian serta kegiatan pendukung lainnya. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, peneliti merancang antarmuka pengguna sistem informasi berbasis web untuk membantu proses penilaian kinerja guru. Pendekatan yang dilakukan menggunakan Human Centered Design (HCD) untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem sehingga dapat memberikan kepuasan pengguna. Rancangan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa dua desain prototipe fidelitas tinggi, kemudian dievaluasi menggunakan teknik usability testing dengan metode Single Ease Question (SEQ) kepada 4 orang responden selaku pengguna. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengukur tingkat kemudahan pengguna dalam mengerjakan skenario tugas. Hasil pengujian berdasarkan data yang didapatkan, dari responden Kepala Sekolah untuk desain 1 mencapai skor 6.28 dan desain 2 mencapai skor 6.71. Dari ketiga responden Guru untuk desain 1 mencapai skor 6.60, sedangkan untuk desain 2 mencapai skor 6.21. Skor ini sudah melampaui skor rata-rata dari SEQ yaitu 5.5 sehingga dapat dikatakan bahwa tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan mudah oleh responden. Tetapi jika dilihat dari kesimpulan data tersebut, tingkat kemudahan tertinggi terletak pada desain 2.