Pengaruh Diving Service Quality dan Perceived Risk Terhadap Revisit Intention” (Survey Online Pada Wisatawan SCUBA Diving Green Nirvana Maratua Resort, Maratua, Kabupaten Berau)

Main Authors: Al’Azzam, Imaduddin, Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., M.AB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194820/1/Imaduddin%20Al%20Azzam.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194820/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh diving service quality dan perceived risk terhadap revisit intention. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan wisata bahari di Indonesia yang memiliki potensi yang besar, salah satunya scuba diving. Dimana pelaku wisata yang menawarkan jasa scuba diving Green Nirvana Maratua Resort. Untuk meningkatkan keuntungan, upaya mempertahankan hubungan jangka panjang berupa revisit intention menjadi sangat penting, salah oleh karena itu penelitian ini mencoba menguji pengaruh diving service quality dan perceived risk terhadap revisit intention. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, variabel diving service quality berpengaruh positif signifikan terhadap revisit intention. Kedua, variabel perceived risk berpengaruh positif signifikan terhadap revisit intention. Ketiga, secara simultan variabel diving service quality dan perceived risk berpengaruh positif signifikan terhadap revisit intention.