Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Tana Toraja (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja)

Main Authors: Kupa, Gilda Isadora, Abdullah Said, Dr., Drs., M.Si., Erlita Cahyasari, S.AP., M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194806/1/Gildaisadorakupa.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194806/
Daftar Isi:
  • Kinerja organisasi adalah totalitas hasil kerja yang dicapai suatu organisasi. Tercapainya tujuan organisasi tidak bisa dilepaskan dari sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tana Toraja berperan secara aktif dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Kinerja pegawai yang rendah akan berdampak kepada kualitas pelayanan publik yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Oleh karena itu, agar memberikan pelayanan yang bermutu, instansi menuntut adanya upaya dan kinerja dari seluruh pegawai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penilaian dalam mengukur kinerja organisasi dalam pelayanan administrasi kependudukan memerlukan indikator-indikator penilaian yang didalamnya terdapat produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas; (2) Faktor pendukung kinerja organisasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yaitu meningkatkan sumber daya aparatur, memaksimalkan pengadaan sarana dan prasarana, mengadakan program jemput bola dan sosialisasi serta evaluasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah sumber daya aparatur pemerintah, kesadaran masyarakat, sarana dan prasarana.