Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Layanan (Studi Pada Provinsi Diy)
Main Authors: | Rahmibillah, Gandis Arum, Muhammad Shobaruddin, Dr. Drs., MA,, Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M.A. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194803/1/Gandis%20Arum%20Rahmibillah.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194803/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja, (3) pengaruh kepuasan pengguna layanan terhadap loyalitas pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja, dan (4) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna layanan melalui kepuasan pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi Visiting Jogja. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sejumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji dan validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5.644 dengan signifikansi 0.000<0.05 dan koefisien regresi nya 0.516; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung 5.644, signifikansi 0.000<0.05 dan koefisien regresi 0.516; (3) kepuasan pengguna layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 4.505 dengan signifikansi 0.000<0.05 dan koefisien regresinya 0.385; dan (4) kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pengguna layanan melalui kepuasan pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 171.251 > F tabel 3.94.