Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Website Menggunakan Kerangka Kerja Borg, Gall, and Gall Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 12 Malang

Main Authors: Majid, Iwan, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si.,S.Pd.,M.Kom., Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194793/1/0520150207-Iwan%20Majid.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194793/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif berbasis website untuk meningkatkan pencapaian kompetensi keahlian dan mengetahui seberapa layak , efisiensi serta efektifitas produk tersebut sebagai pendukung proses pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan SMK pada bahasan virtual private network. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development menggunakan kerangka kerja Borg, Gall & Gall. Objek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 12 Malang kelas 12 TKJ 1. Berdasarkan hasil penelitian, hasil validasi ahli materi menunjukkan 3,47 (valid). Hasil validasi ahli media menunjukkan 3,48 (valid). Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran menunjukkan 3,1 (cukup valid). Hasil validasi soal pre test post test menunjukkan 3,58 (valid). Hasil angket respon siswa menunjukkan 3,27 (valid). Untuk mengetahui peningkatan pencapaian kompetensi pengetahuan dilakukan dengan cara memberikan pre test dan post test. Melalui nilai Z hitung dan Z tabel, hasil penilaian pada materi virtual private network yang dihitung menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh hasil Z hitung sebesar -4,10 dan hasil Z tabel sebesar 0,00001. Hasil Z hitung memiliki nilai lebih kecil dari hasil Z tabel, sehingga dapat dinyatakan hasil post test lebih baik daripada hasil pre test. Berdasarkan data di atas, penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul digital interaktif berbasis website pada materi virtual private network adalah layak, efisien serta efektif dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran guna meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik.