Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Intention to Use Layanan Transactional Video on Demand (Studi Pada Konsumen Bioskop Online)
Main Authors: | Muhammad, Faisal Alif, Rizal Alfisyahr, SE., MM. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194768/1/Faisal%20Alif%20Muhammad.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194768/ |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 membuat perkembangan teknologi dan penerapannya kian pesat. Berbagai sektor industri yang awalnya menggunakan metode konvensional harus ikut beradaptasi menggunakan teknologi. Salah satu sektor industri yang terkena dampak dari pandemic Covid-19 adalah industri perfilman. Bioskop yang merupakan tempat distribusi film harus tutup dan membuat para pengusaha di bidang film memasarkan film mereka lewat platform TVOD. Sebagai layanan TVOD, Bioskop Online patut mempelajari bagaimana persepsi konsumen untuk menggunakan layanan TVOD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Perceived Usefulness (X1), Perceived Ease of Use (X2) dan Perceived Enjoyment (X3) terhadap Intention to Use (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode survei secara online. Sampel yang didapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Perceived Usefulness (X1), Perceived Ease of Use (X2) dan Perceived Enjoyment (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Intention to Use (Y). Variabel Perceived Ease of Use (X2) dan Perceived Enjoyment (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian. Perceived Usefulness (X1) merupakan variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Intention to Use (Y).