Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Interpersonal Bidan Pada Pelayanan Antenatal Care (ANC) Di Praktik Mandiri Bidan (PMB) Triwidiowati Kabupaten Bogor
Main Authors: | Nisa, Nadhifah Aulia, dr. Indriati Dwi Rahayu, M.Kes, Era Nurisa Windari, S.ST., M.Kes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194762/1/Nadhifah%20Aulia%20Nisa.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194762/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan Antenatal Care (ANC) merupakan pelayanan pemantauan perkembangan janin dan kesehatan ibu pada saat kehamilan. Salah satu aspek kepuasan pasien dalam pelayanan ANC adalah dengan adanya hubungan komunikasi interpersonal yang baik. Tingkat kepuasan pelanggan atau konsumen dapat dipengaruhi oleh karakteristik dari konsumen tersebut yang merupakan sebuah ciri atau kekhasan seseorang. Hasil studi pendahuluan di PMB Triwidiowati Kabupaten Bogor terhadap 5 ibu hamil yang melakukan ANC, sebanyak 2 ibu hamil menyatakan sangat puas, 2 ibu hamil menyatakan puas, dan 1 ibu hamil menyatakan cukup puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan komunikasi interpersonal bidan pada pelayanan Antenatal Care (ANC) di Praktik Mandiri Bidan (PMB) Triwidiowati Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study dengan metode teknik Purposive Sampling untuk pengambilan sampel, jumlah reponden dalam penelitian ini adalah 74 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner, kuesioner dibagi acak kepada 74 pasien dengan kriteria inklusi (Ibu hamil yang bersedia menjadi responden, kehamilan trimester 1 – 3 yang sudah pernah melakukan kunjungan ANC ≥ 3 kali di PMB Triwidiowati, dapat mengoperasikan aplikasi whatsapp chat, dan dapat mengisi link google formulir kuesioner kepuasan pasien secara mandiri). Hasil penelitian secara deskriptif, setiap karakteristik pasien memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Berdasarkan pendidikan, usia, dan pekerjaan tidak terdapat hubungan signifikan karena menunjukkan nilai signifikansi (p > 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa usia, tingkat pendidikan, dan pekerjaan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan komunikasi interpersonal bidan pada pelayanan ANC di PMB Triwidiowati Kabupaten Bogor.