Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Malang e-Policing dengan Pendekatan Human Centered Design
Main Authors: | Safi’i, Imam, Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc., Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194759/1/0520150198-Imam%20Safi%E2%80%99i.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194759/ |
Daftar Isi:
- Polres Malang meluncurkan aplikasi Malang e-Policing yang digunakan untuk kegiatan melayani masyarakat baik dalam hal pencatatan, mengatasi pelaporan tindak kriminal, penyuluhan/sosialisasi tindak kriminal, penyebaran informasi dan kebutuhan layanan lainnya. Selain itu terdapat fitur penting yaitu panic button yang menyediakan panggilan darurat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik bantuan polisi, ambulance, maupun pemadam kebakaran. Namun berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa terdapat keluhan pengguna terkait usability yang membuat pengguna merasa kesulitan dalam menggunakan aplikasi Malang e-Policing. Permasalahan tersebut seperti tulisan yang terlalu kecil dan tertumpuk background, tidak ada tombol back (kembali) di beberapa menu, dan tidak ada tombol edit pada pengaturan profil. Penyelesaian permasalahan tersebut akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Pendekatan ini dimulai dengan identifikasi konteks kegunaan, analisis Kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi atau perbaikan, dan evaluasi hasil desain solusi. Analisis kebutuhan pengguna dilakukan dengan Metode Usability Testing dimana untuk mengetahui nilai Learnability, Efficiency, Memorability, dan Errors. Kemudian dilakukan Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS) untuk mengetahui nilai Satisfaction dan wawancara untuk mendalami permasalahan usability yang dialami pengguna. Dari hasil analisis kebutuhan pengguna didapatkan nilai Learnability 48,5%, Efficiency 49,53%, Errors 41%, Memorability segi waktu 22,34%, Memorability segi jumlah tap 19,7%, dan Satisfaction 45%. Selain itu juga didapatkan 14 permasalahan Usability dan Antarmuka pengguna. Pada tahap perancangan desain solusi menghasilkan rancangan Information Architecture, Wireframe, Mockup, dan Prototype. Hasil evaluasi desain solusi menghasilkan nilai Learnability 99,75%, Efficiency 99,7%, Errors 0,07%, Memorability segi waktu 15,15%, Memorability segi jumlah tap 9,36%, dan Satisfaction 95,46%. Dari hasil evaluasi desain perbaikan dapat disimpulkan bahwa desain perbaikan memiliki dampak yang baik terhadap usability dan antarmuka aplikasi Malang e-Policing.