Pengembangan Game ‘Days with Suroboyo Bus’ Sebagai Media Pengenalan Transportasi Suroboyo Bus
Main Authors: | Harinamanata, Gede Satria, Issa Arwani, S.Kom, M.Sc, Ratih Kartika Dewi, S.T., M.Kom. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194733/1/0520150187-Gede%20Satria%20Harinamanata.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194733/ |
Daftar Isi:
- Masalah sampah plastik menjadi ancaman bagi lingkungan hidup. Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan program Suroboyo Bus yang menggunakan sampah botol dan gelas plastik sebagai alat pembayarannya sebagai upaya menanggulangi masalah sampah plastik bagi lingkungan. Pengenalan kepada masyarakat diperlukan untuk meningkatkan keefektifan program ini, salah satunya melalui video game. Game “Days with Suroboyo Bus” dikembangkan menggunakan Design, Dynamics, Experience (DDE) Framework, sebuah framework yang dikembangkan dari Mechanics, Design, Aesthetic (MDA) framework. Pengembangan diawali dengan menentukan design dari game, dilanjutkan dengan implementasi terhadap design tersebut yang akan menciptakan dynamics dari game, dan menciptakan experience bagi pemain yang memainkannya. Pengembangannya diuji playtesting dengan menggunakan perhitungan Gameplay Scale dan Appeal Scale. Hasil pengujian Gameplay Scale pada game “Days with Suroboyo Bus” menunjukkan Affective Experience (75.71428571%), Focus (71.58730159%) dan Usability Barrier (75.71428571%) memiliki nilai Baik. Sedangkan Playability Barrier (70.85714286) memiliki nilai Sedikit Baik. Hasil pengujian Appeal Scale pada game “Days with Suroboyo Bus” memiliki hasil menyenangkan (74.28571429), baik (80), berestetik (75.71428571), sedikit menggugah (70), menarik (75.71428571), sedikit memotivasi untuk bermain (57.14285714), cenderung diminati (67.14285714) dan cenderung menghibur (64.28571429).