Peran Sakinah Minimarket dalam Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Malang (Studi Kasus Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh)
Main Authors: | Agdhani, Feby Nur, Prof. Dr. Khusnul Ashar,, SE., M.A. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194678/1/Feby%20Nur%20Agdhani%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194678/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasaran yang diterapkan oleh Sakinah Minimarket dalam mengembangkan UMKM dan bentuk kerjasama yang dilakukan antara Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh dengan UMKM yang menjadi anggotanya di Kota Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari literature, artikel, jurnal serta situs di internet. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang Sakinah Minimarket Cengkeh dan para UMKM yang menjadi anggotanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi karena sesuai dengan pengalaman subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa data dengan analisis deskriptif dan diuji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi dengan sumber dan teknik triangulasi dengan metode. Maka secara keseluruhan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem pemasaran yang diterapkan adalah display product yaitu interior display dengan jenis open display dan bentuk kerjasamanya menggunakan konsinyasi atau titip jual dengan pendeketan syirkah wujuh. Kedua hasil tersebut sudah sesuai dengan syariat islam karena Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh menerapkan prinsip islam.