Analisis Dan Perbaikan Usability Pada Aplikasi Ker Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS)

Main Authors: Rosyad, Fatkhur, Djoko Pramono, S.T., M.Kom., Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194663/1/0520150159-Fatkhur%20Rosyad.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194663/
Daftar Isi:
  • Ker adalah aplikasi berbasis mobile dengan sistem operasi android yang diresmikan oleh pemerintah kota Malang guna menyelaraskan dengan peraturan Presiden Republik Indonesia terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) serta untuk menuju smart city. Aplikasi Ker dibuat dengan tujuan utama untuk mendukung dan mempermudah pelayanan publik bagi masyarakat yang berada di kota Malang. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap 20 responden, terdapat permasalahan pada aplikasi Ker yang terkait dengan masalah usability. Masalah tersebut adalah adanya suatu fungsi tombol dan proses yang tidak sesuai dengan apa yang pengguna harapkan dari aplikasi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat usability aplikasi Ker. Usability testing digunakan untuk mengukur tingkat kegunaan dari aspek efektivitas dan efisiensi, sedangkan kuesioner system usability scale (SUS) digunakan untuk mengetahui tingkat kegunaan dari aspek kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kegunaan dari aspek efektivitas meningkat 5,13%, aspek efisiensi 35,91%, dan kepuasan sebesar 16,42. Jika didasarkan pada SUS skor Sauro (2018), maka range acceptable yang sebelumnya berada pada kategori “Marginal” meningkat satu level diatas-Nya menjadi “Acceptable”, untuk adjective rating yang sebelumnya termasuk kategori “Ok” naik satu level menjadi “Good”, serta untuk grade scale yang sebelumnya mendapat nilai “C” meningkat dua level menjadi “A”.