Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pembelajaran Online di Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design dan TUXEL
Main Authors: | Aisy, Farha Rihhadatul, Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T., Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194654/1/0520150157-Farha%20Rihhadatul%20Aisy.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194654/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan 4.0 merupakan proses pembelajaran dimana siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar melalui video, kursus online, atau mempelajari materi pembelajaran online dengan media internet. Pendidikan 4.0 dikembangkan sebagai respon terhadap industri 4.0 yang pada saat ini menggunakan teknologi berbasis internet sebagai pilar utama penerapannya. Untuk menyikapi hal tersebut, Jurusan Sistem Informasi Universitas Brawijaya perlu merancang sebuah media pembelajaran baru bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang user experience dari Aplikasi pembelajaran online berbasis mobile menggunakan pendekatan Human-Centered Design. Tahapan diawali dengan analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, evaluasi desain, dan rekomendasi perbaikan. Evaluasi desain menggunakan TUXEL yang terdiri dari tiga dimensi penilaian, yaitu usability inspection, pedagogical inspection, dan evaluasi user experience. Sebelum melakukan pengisian kuesioner penilaian, perlu dilakukan task definition dan checklist matching sesuai dengan kategori pada TUXEL. Pada evaluasi ditemukan permasalahan usability inspection sebanyak 23 permasalahan, 15 permasalahan pada pedagogical inspection, dan pada evaluasi user experience mengindikasikan kode: (1) Membingungkan; (2) Rumit; (3) Nyaman; (4) Mendukung; (5) Efisien; (6) Praktis; (7) Inovatif; (8) Kreatif. Dapat disimpulkan bahwa Aplikasi memiliki nilai positif dalam segi user experience.