Pengaruh Tourist Farm Service Quality Terhadap Kepuasan Pengunjung Dan Dampaknya Terhadap Revisit Intention (Survei Online Pada Pengunjung Wisata Dewi Sri Jabung-Kab.Malang)
Main Authors: | Sari, Dahniar Yulmi Kusuma, Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., M.AB |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194630/1/Dahniar%20Yulmi.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194630/ |
Daftar Isi:
- Dewi Sri merupakan salah satu destinasi wisata yang tergolong baru yang ada di Malang. Dewi Sri terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, berdiri pada bulan Juli 2020, di atas lahan seluas 2,3 hektar. Dewi Sri adalah wisata alam berbasis pertanian yang memberikan konsep edukasi dalam bidang pertanian yaitu padi organik produktifitas tinggi. Konsep tersebut digunakan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana proses dan pentingnya menghasilkan padi, namun dengan cara yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Tourist Farm Service Quality terhadap Kepuasan Pengunjung dan Dampaknya terhadap Revisit Intention pada pengunjung Dewi Sri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Tourist Farm Service Quality, Kepuasan Pengunjung, dan Revisit Intention. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata Dewi Sri yang mengikuti official account instagram Dewi Sri dan pernah berkunjung setidaknya satu kali ke Dewi Sri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling serta metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel Tourist Farm Service Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, 2) variabel Tourist Farm Service Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention, 3) dan variabel Kepuasan Pengunjung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention.