Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN)

Main Authors: Kaban, Ekklesioga, Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc., Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/1/0520150145-%20EKKLESIOGA%20KABAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/
ctrlnum 194619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/</relation><title>Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN)</title><creator>Kaban, Ekklesioga</creator><creator>Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.</creator><creator>Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Banyaknya keluhan pengguna PLN Mobile menjadi alasan utama perlu diadakan pengujian dibagian usability terhadap aplikasi ini. Tinggi atau rendahnya tingkat usability dari aplikasi ini akan diuji dengan pengujian usability. Usability testing digunakan untuk menguji tingkat usability pada sistem. Peneliti ini menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang kepuasan pengguna. SUS dipilih karena pada metode ini pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna akhir, dimana pengujian dengan metode ini lebih menekankan pada sudut pandang pengguna akhir sehingga hasil pengujian akan lebih sesuai dengan apa yang dihadapi oleh pengguna. Hasil pengujian usability pada PLN Mobile adalah 22,77% dimana pengguna masih tidak puas dengan PLN Mobile sehingga penilaian yang diberikan kurang bagus. Perbaikan dengan metode discovery prototyping akan mengumpulkan saran perbaikan dari pengguna dengan wawancara langsung yang akan dibuat menjadi acuan perbaikan prototype yang kemudian akan diuji kembali. Saran perbaikan yang didapat dari responden seperti menambah setelan yang dapat mengubah bahasa dan biodata pribadi pengguna yang tersimpan di aplikasi, memperbaiki tata letak fitur, menempatkan pilihan yang paling penting dan mengelompokkan menu-menu dalam icon yang mudah dipahami dihalaman utama. Hasil pengujian usability pada prototype adalah 85,26%. Perbandingan hasil pengujian mengalami peningkatan sebanyak 62,49%.</description><date>2020-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/1/0520150145-%20EKKLESIOGA%20KABAN.pdf</identifier><identifier> Kaban, Ekklesioga and Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. and Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. (2020) Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150145</relation><identifier>0520150145</identifier><recordID>194619</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kaban, Ekklesioga
Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.
Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.
title Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN)
publishDate 2020
isbn 9780520150140
topic 004 Computer science
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/1/0520150145-%20EKKLESIOGA%20KABAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/
contents Banyaknya keluhan pengguna PLN Mobile menjadi alasan utama perlu diadakan pengujian dibagian usability terhadap aplikasi ini. Tinggi atau rendahnya tingkat usability dari aplikasi ini akan diuji dengan pengujian usability. Usability testing digunakan untuk menguji tingkat usability pada sistem. Peneliti ini menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang kepuasan pengguna. SUS dipilih karena pada metode ini pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna akhir, dimana pengujian dengan metode ini lebih menekankan pada sudut pandang pengguna akhir sehingga hasil pengujian akan lebih sesuai dengan apa yang dihadapi oleh pengguna. Hasil pengujian usability pada PLN Mobile adalah 22,77% dimana pengguna masih tidak puas dengan PLN Mobile sehingga penilaian yang diberikan kurang bagus. Perbaikan dengan metode discovery prototyping akan mengumpulkan saran perbaikan dari pengguna dengan wawancara langsung yang akan dibuat menjadi acuan perbaikan prototype yang kemudian akan diuji kembali. Saran perbaikan yang didapat dari responden seperti menambah setelan yang dapat mengubah bahasa dan biodata pribadi pengguna yang tersimpan di aplikasi, memperbaiki tata letak fitur, menempatkan pilihan yang paling penting dan mengelompokkan menu-menu dalam icon yang mudah dipahami dihalaman utama. Hasil pengujian usability pada prototype adalah 85,26%. Perbandingan hasil pengujian mengalami peningkatan sebanyak 62,49%.
id IOS4666.194619
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:27:03Z
last_indexed 2022-12-06T07:27:03Z
recordtype dc
_version_ 1751456425533505536
score 17.538404