Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN)
Main Authors: | Kaban, Ekklesioga, Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc., Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/1/0520150145-%20EKKLESIOGA%20KABAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/ |
ctrlnum |
194619 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/</relation><title>Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN)</title><creator>Kaban, Ekklesioga</creator><creator>Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.</creator><creator>Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc.</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Banyaknya keluhan pengguna PLN Mobile menjadi alasan utama perlu diadakan pengujian dibagian usability terhadap aplikasi ini. Tinggi atau rendahnya tingkat usability dari aplikasi ini akan diuji dengan pengujian usability. Usability testing digunakan untuk menguji tingkat usability pada sistem. Peneliti ini menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang kepuasan pengguna. SUS dipilih karena pada metode ini pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna akhir, dimana pengujian dengan metode ini lebih menekankan pada sudut pandang pengguna akhir sehingga hasil pengujian akan lebih sesuai dengan apa yang dihadapi oleh pengguna. Hasil pengujian usability pada PLN Mobile adalah 22,77% dimana pengguna masih tidak puas dengan PLN Mobile sehingga penilaian yang diberikan kurang bagus. Perbaikan dengan metode discovery prototyping akan mengumpulkan saran perbaikan dari pengguna dengan wawancara langsung yang akan dibuat menjadi acuan perbaikan prototype yang kemudian akan diuji kembali. Saran perbaikan yang didapat dari responden seperti menambah setelan yang dapat mengubah bahasa dan biodata pribadi pengguna yang tersimpan di aplikasi, memperbaiki tata letak fitur, menempatkan pilihan yang paling penting dan mengelompokkan menu-menu dalam icon yang mudah dipahami dihalaman utama. Hasil pengujian usability pada prototype adalah 85,26%. Perbandingan hasil pengujian mengalami peningkatan sebanyak 62,49%.</description><date>2020-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/1/0520150145-%20EKKLESIOGA%20KABAN.pdf</identifier><identifier> Kaban, Ekklesioga and Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. and Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. (2020) Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150145</relation><identifier>0520150145</identifier><recordID>194619</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kaban, Ekklesioga Komang Candra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. Adam Hendra Brata,, S.Kom., M.T., M.Sc. |
title |
Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN) |
publishDate |
2020 |
isbn |
9780520150140 |
topic |
004 Computer science |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/1/0520150145-%20EKKLESIOGA%20KABAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194619/ |
contents |
Banyaknya keluhan pengguna PLN Mobile menjadi alasan utama perlu diadakan pengujian dibagian usability terhadap aplikasi ini. Tinggi atau rendahnya tingkat usability dari aplikasi ini akan diuji dengan pengujian usability. Usability testing digunakan untuk menguji tingkat usability pada sistem. Peneliti ini menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang kepuasan pengguna. SUS dipilih karena pada metode ini pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna akhir, dimana pengujian dengan metode ini lebih menekankan pada sudut pandang pengguna akhir sehingga hasil pengujian akan lebih sesuai dengan apa yang dihadapi oleh pengguna. Hasil pengujian usability pada PLN Mobile adalah 22,77% dimana pengguna masih tidak puas dengan PLN Mobile sehingga penilaian yang diberikan kurang bagus. Perbaikan dengan metode discovery prototyping akan mengumpulkan saran perbaikan dari pengguna dengan wawancara langsung yang akan dibuat menjadi acuan perbaikan prototype yang kemudian akan diuji kembali. Saran perbaikan yang didapat dari responden seperti menambah setelan yang dapat mengubah bahasa dan biodata pribadi pengguna yang tersimpan di aplikasi, memperbaiki tata letak fitur, menempatkan pilihan yang paling penting dan mengelompokkan menu-menu dalam icon yang mudah dipahami dihalaman utama. Hasil pengujian usability pada prototype adalah 85,26%. Perbandingan hasil pengujian mengalami peningkatan sebanyak 62,49%. |
id |
IOS4666.194619 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:27:03Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:27:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456425533505536 |
score |
17.538404 |