Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) Pada Produk Gift Card Tiket.com

Main Authors: Efendy, Faisal Risq, Dr. Eng. Herman Tolle,, S.T., M.T.,, Lutfi Fanani,, S.Kom., M.T., M.Sc.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194587/1/0520150130%20-%20Faisal%20Risq%20Efendy.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194587/
Daftar Isi:
  • Produk Gift Card merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh Tiket.com yang berfungsi untuk membantu pengguna membeli Gift Card dari Tiket.com. Dalam perancangannya produk ini belum dilakukan evaluasi user experience kepada pengguna, sehingga belum diketahui tingkat kesulitan yang dialami oleh pengguna. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur tingkat Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketapatan, Stimulasi, serta Kebaruan oleh responden dan evaluasi menggunakan Heuristic Evaluation (HE) untuk menggali lebih dalam permasalahan yang dilakukan oleh evaluator. Pada evaluasi yang dilakukan didapatkan hasil desain lama keseluruhan memilki nilai Good (Baik) dengan nilai benchmark setiap poinnya berada pada nilai Good (Baik) untuk poin penilaian Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan, sedangkan poin Kejelasan mendapatkan nilai Above Average (Diatas Rata-Rata). Pada desain lama ditemukan 23 permasalahan dengan detail 9 permasalahan ditemukan oleh responden, dan 21 permasalahan ditemukan oleh evaluator, 7 permasalahan yang ditemukan oleh responden juga ditemukan oleh evaluator. Dari hasil evaluasi yang dilakukan pada desain solusi perbaikan yang sudah dirancang, didapatkan nilai Excellent untuk nilai benchmark keseluruhan dengan detail poin Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan dengan nilai Excellent serta poin Kejelasan dengan nilai Good (Baik).