Pengaruh Kualitas Website WADULE Terhadap Kepuasaan Masyarakat Dengan Menggunakan Instrumen Webqual 4.0 (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Pacitan)

Main Authors: Zerindaputri, Amelya, Dr. Dra. Lely Indah Mindarti, M.Si., Bayu Indra Pratama, S.I.Kom, M.A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194532/1/Amelya%20Zerindaputri.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194532/
Daftar Isi:
  • Pandemi COVID-19 membawa dampak yang besar bagi masyarakat di Indonesia. Pelayanan publik yang selama ini dilakukan dengan beinteraksi secara langsung harus dibatasi bahkan harus beralih kepada pelayanan secara online. Dapat dilihat dengan banyaknya laporan masyarakat ke Ombudsman Republik Indonesia selama 2020 yang sebagian besar merupakan keluhan atas buruknya Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Pemerintah Kabupaten Pacitan menerapkan pengaduan dengan sistem online yaitu WADULE (Wadah Aspirasi dan Pengaduan Layanan Elektronik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas Website WADULE terhadap kepuasan masyarakat Kabupaten Pacitan berdasarkan instrumen penelitian WebQual 4.0. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu penilaian untuk mengukur kualitas Website tersebut. Apakah dapat diterima dengan baik atau tidak, sehingga kualitas suatu Website berdasarkan persepsi pengguna merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dan dapat dijadikan umpan balik terhadap pihak penyedia. Serta dapat mengoptimalkan fitur maupun menu yang terdapat didalamnya agar dapat mengakomodir kebutuhan pengguna. Penulis menggunakan Instrumen Webqual 4.0 dengan dimensi kemudahaan pengguna (Usability Quality) X1, kualitas informasi (Information Quality) X2, kualitas interaksi (service interaction quality) X3, dan kepuasan pengguna (User satisfaction) Y.