Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Bentuk Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (Studi Tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 6 Malang)
Main Authors: | Sanidya, Aishia Danastri, Dr. Ainul Hayat, S.Pd, M., Taufiq Akbar Al Faj’ri, SS., M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194526/1/Aishia%20Danastri%20Sanidya.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194526/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai karakter pada peserta didik sebagai bentuk implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasinya. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Malang terhadap beberapa peserta didik maupun pendidik menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan diinterpretasikan oleh peneliti. Analisis data menggunakan Interactive model Miles and Huberman (1984). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menginternalisasi nilai karakter pada peserta didik sebagai bentuk implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama 6 Malang tersebut melalui 5 tahapan yakni receiving, responding, valuing, organizing dan characterizing. Adapun faktor pendukung yaitu tingginya tingkat kepedulian pendidik pada peserta didiknya dan faktor penghambat yaitu perbedaan latar belakang setiap individu.