Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Discount Price terhadap Purchase Intention (Konsumen Shopee Flash Sale di Jabodetabek)

Main Authors: Sulhan, Ahmad Fulki, Rizal Alfisyahr, SE., MM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194522/1/Ahmad%20Fulki%20Sulhan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194522/
Daftar Isi:
  • Perkembangan e-commerce yang pesat membuat para pelaku industri e- commerce saling bersaing untuk dapat meningkatkan penjualan produk, salah satu strategi yang digunakan oleh e-commerce Shopee adalah dengan menerapkan strategi pemasaran melalui Shopee Flash Sale Program. Penelitian ini berdasarkan pada Electronic Word of Mouth dan Discount Price sebagai faktor pendukung dari Shopee Flash Sale Program dengan harapan meningkatkan Purchase Intention oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention; (2) Pengaruh Discount Price terhadap Purchase Intention; (3) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Discount Price terhadap Purchase Intention. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah responden yang merupakan pengguna aplikasi Shopee yang pernah melakukan pembelian pada Shopee Flash Sale Program. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling berjumlah 116 responden. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan menyebarkan kuisioner google form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sampel data diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji F dan Uji t