Analisis Sentimen Pariwisata di Kabupaten Malang dengan Menggunakan Metode BM25F, Neighbor Weighted K-Nearest Neighbor dan Seleksi Fitur Chi-Square
Main Author: | Vidya Sakta, Pratitha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194371/1/Pratitha%20Vidya%20Sakta.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194371/ |
Daftar Isi:
- City Branding “The Heart Of East Java” ialah salah satu upaya yang dipakai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang untuk memasarkan daerahnya dalam rangka peningkatan pariwisata daerah. Rating dan ulasan yang berkaitan dengan pariwisata di Kabupaten Malang sangat banyak jumlahnya di jejaring sosial internet. Salah satu wadah untuk memberikan rating dan ulasan ialah pada TripAdvisor. Dengan demikian penelitian ini mencoba menganalisis ulasan dari masyarakat tentang pariwisata Kabupaten Malang melalui analisis sentimen dan diklasifikasikan menjadi dua kelas yaitu positif dan negatif. Dalam penelitian ini, analisis sentimen dilakukan dalam beberapa tahapan atau proses. Proses tersebut terdiri dari preprocessing data, pembobotan kata yang diterapkan menggunakan algoritme BM25F, Neighbor Weighted K-Nearest Neighbor untuk klasifikasi dokumen dan seleksi fitur Chi-Square. Dilakukan pengujian K-Fold Cross Validation