Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011- 2017)
Main Authors: | Riza, Rachmi Meiyana, Dr. Dra. Siti Ragil Handayani, M.Si,, Ferina Nurlaily, S.E, M.AB, M.BA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194355/1/0521030018-%20Rahmi%20Meiyana%20Riza.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194355/ |
Daftar Isi:
- Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu indikator yang digunakan investor dalam menentukan nilai perusahaan sebelum melakukan investasi. Semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan maka akan semakin tinggi pula return yang diterima investor. Pengukuran kinerja keuangan perusahaan dilakukan dengan menggunakan rasio keuangan yang mencakup rasio likuiditas, leverage, dan profitabilitas. Nilai perusahaan merupakan nilai sekarang dari arus pendapatan atau kas yang diharapkan diterima pada masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011- 2017. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah CR (X1), DER (X2), dan ROE (X3) serta variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini adalah Tobin’s Q (Y). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011- 2017 dan sebanyak 5 perusahaan menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CR dan DER secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan variabel ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan.