Penerapan E-learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (Studi Pada SMA Negeri 15 Kota Surabaya)
Main Authors: | Anwar, Hafidz Afif, Drs. Fadillah Amin, M.AP., Ph.D, Nurjati Widodo, S.AP, M.AP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194298/1/0521030002-%20Hafidz%20Afif%20Anwar.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194298/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah mempengaruhi berbagai sektor, salah satunya yaitu pendidikan. Sistem pembelajaran jarak jauh melalui e- learning merupakan inovasi pembaharuan pembelajaran yang kini telah banyak diterapkan di berbagai sekolah untuk menunjang proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan e-learning diharapkn mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan e-learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 15 Surabaya, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran e-learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pihak yang terlibat dalam penerapan pembelajaran e-learning di SMA Negeri 15 Surabaya, baik secara langsung maupun daring. Analisis penerapan e-learning dibagi menjadi 4 pokok bahasan utama yaitu metode yang digunakan guru SMA Negeri 15 Surabaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum diterapkan e-learning, penerapan e- learning di SMA Negeri 15 Surabaya, Penerapan e-learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 15 Surabaya, dan faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan e-learning si SMA Negeri 15 Surabaya.