Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E- Commerce Sociolla.com Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)
Main Author: | Fauziah Novitasari, Shandranuur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194291/1/SHANDRANUUR%20FAUZIAH%20NOVITASARI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194291/ |
Daftar Isi:
- Sociolla merupakan e-commerce terlengkap dan terpercaya di Indonesia yang menjual produk kecantikan dan perawatan kulit dan tubuh. Demi mempermudah akses untuk mendapatkan kosmetik yang diinginkan, website Sociolla dibuat pada tahun 2015. Website sociolla bertujuan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai kandungan dan harga kosmetik. Permasalahan yang terjadi pada website Sociolla adalah setiap pengguna yang melakukan interaksi pada website Sociolla merasa bahwa website Sociolla memerlukan waktu yang cukup lama untuk setiap masukkan yang dilakukan oleh pengguna. Dampak dari kesalahan sistem pada website Sociolla yang berulang tersebut, membuat banyaknya pengguna enggan melakukan aktivitas pada website. Setelah dilihat dari permasalahan yang terdapat pada website Sociolla, yaitu banyaknya penilaian negatif terhadap website Sociolla dan kurangnya minat pengguna untuk mengunjungi kembali website Sociolla. Dari permasalahan tersebut, maka dilakukanlah evaluasi usablity untuk mengetahui pengalaman pengguna menggunakan pengujian skenario Usability Testing, kuesioner SUS (System Usability Scale) dan metode UEQ (User Experience Questionnaire). Pengujian skenario menggunakan Usability Testing merupakan pengujian secara objektif dan kuesioner SUS dan UEQ merupakan pengujian secara subjektif. Pengujian skenario diujikan kepada 10 responden yang belum pernah mengakses website Sociolla dengan lima belas tugas yang harus diselesaikan pada website Sociolla, sedangkan kuesioner SUS akan diisikan oleh 10 responden yang telah melakukan pengujian skenario, dan kuesioner UEQ diisi oleh 25 responden yang didalamnya terdiri dari 10 responden yang telah melakukan pengujian skenario dan pengisian kuesioner SUS. Hasil pengujian skenario pada website Sociolla diukur dengan empat parameter, yaitu pengujian skenario aspek effectiveness parameter Task Completed memiliki nilai keberhasilan sebesar 0.91 dan parameter Error Rate during Performance memiliki nilai rata-rata jumlah kesalahan sebesar 0.05467. Aspek efficiency parameter Time per Completed Task memiliki rata-rata waktu untuk setiap penyelesaian tugas sebesar 45.313 detik dan parameter Number of Clicks memiliki rata-rata klik sebesar 5 klik. Kuesioner SUS dari website Sociolla mendapatkan skor 75.75 yang termasuk dalam kategori Acceptable dengan adjective rating “Good” dan grade scale “C”. Hasil pengalaman pengguna menunjukkan yaitu pada metode UEQ, aspek pragmatic quality dengan nilai sebesar 3.05, dan aspek hedonic quality dengan nilai sebesar 2.23. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa website Sociolla dapat diterima dengan baik oleh pengguna.