Analisis Atas Pemaknaan Mahasiswa Tunanetra dalam Penggunaan Screen Reader pada Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Universitas Brawijaya

Main Authors: Vioristin, Gita, Dr. Fadillah Putra, S.Sos., M.Si., M.Paff., Nurjati Widodo, S.AP., M.AP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194256/1/0520030301-%20Gita%20Vioristin.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194256/
Daftar Isi:
  • Informasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, dan akan selalu bertambah dengan berjalannya waktu dan kegiatan yang dilakukan. Terlepas dari beragamnya kebutuhan informasi, pencari informasi pun beragam, tidak terkecuali bagi para penyandang disabilitas, terkhususnya mahasiswa disabilitas tunanetra. Dalam memenuhi kebutuhan informasi dengan berbagai keterbatasan yang ada, para mahasiwa tunanetra dapat menggunakan assistive technology atau teknologi pendamping, salah satunya adalah screen reader, yang mampu menampilkan suara atau ucapan dari setiap hal yang terdapat pada layar termasuk menu, teks dan tanda baca. Penelitian ini dilakukan di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya yang merupakan pusat penelitian tentang isu-isu disabilitas dan pemberian layanan bagi penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis lebih lanjut mengenai bagaimana pemaknaan dan keterkaitan mahasiswa tunanetra dalam penggunaan screen reader pada pemenuhan kebutuhan informasi yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah skema analisis data pada studi fenomenologi dan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi.